27 Juli 2022

 Dear diary

hari ini setelah jaga malam yang melelahkan dan drama dari di omelin konsulen karenaaaa lagi lagi pasien turunan. ah sudahlah. aku memulai permagangan yang warbiasa lagi.

hari ini ada pasien kecelakaan, dan sisanya adalah pasien turunan sore yang aku selesaikan.

magang hari ini dr. retno sp.a mengajarkan aku dan koass -haha, balik jadi koass kan sar- but its okay, karena kita belajar hal hal yang sudah lama tidak kita pelajari. aku merasa berada di tempat yang tepat, di tempat dimana seharusnya aku berada. di lingkungan dimana aku seharusnya tinggal. aku tidak bisa terlepas dari ini. aku senang diajari, mengajari atau mempelajari hal yang baru. menjauh dari hal hal itu membuat aku terganggu. aku rasa ini lah hal yang terbaik, yang bisa kudapatkan sementara di keadaanku saat ini. dan ini, tidak buruk juga. mencintai hal yang baru, yang tidak pernah kau pikirkan akan jadi seperti ini. 

anak adalah bidang baru yang tidak pula ku kuasai dengan seksama sewaktu kuliah dulu, tidak pula ku pahami dalam dalam. tapi mungkin, mungkin saja ada jalan ku disini. seperti panggilan jiwa (?)

setelah magang, aku dan beberapa teman (kak bela, kak sesil, kak danti, kak, aulia, kak dini) berjumpa dengan dr. paranita sp.N. tentu saja karena masalah semalam yang mana aku melaporkan pasien turunan sore yang sudah habis habisan di rontgen oleh teman sebelumnya, well kurasa itu bukan sepenuhnya salah teman yang sebelumnya. tapi mungkin karena missed saja. aku pun juga kenak dong, apanya yang setelah jadi dokter akan bebas berleha leha dan tidak akan dimarahi. of course i do.

tapi bekerja di rumah sakit juga adalah sebuah panggilan jiwa, aku tidak nyaman berduduk duduk ria dibelakang meja dokter sambil bercakap sedikit dan lalu menulis resep. bukan, kurasa bukan itu. bukan bermaksud menjelekkan profesi orang yang bekerja di klinik. tapi di usia ku saat ini aku merasa, aku belum waktunya menarik selimut dan bersantai. seperti itu. 

mungkin, nanti, jika aku sudah tua dan renta dan tidak mampu berjalan lagi, mungkin disaat itu pula aku memilih bekerja di balik meja saja, tapi saat ini aku lebih suka bekerja mengelilingi meja (?) hahaha.

pulang dari manap, setelah berbincang bincang bareng kak sesil, kak aulia dan kak bela. aku lanjut ke annisa, disini aku ter tepar tepar dihantam bocil bocil lucu yang ngegemesin plus juga orang tuanya xixixi. menyenangkan karena setelah magang aku memiliki insight baru tentang anak jadi aku bisa lebih baik dalam mendiagnosis dan mengedukasi pasien. menyenangkan karena aku bekerja di RSIA maka ada banyak bocil bocil yang datang ke IGD. dan entah kenapa hari ini begitu banyak bocil yang datang.

kau akan tau, betapa bahagianya memiliki anak dari tatapan mata dan tingkah laku mereka yang lucu. manusia kecil dan yang seperti nya rapuh itu, betapa bahagianya menggenggam tangan mereka yang kecil. dan betapa menakjubkannya hidup itu.

tapi lelah juga ya bun, 

hari ini aku melihat anak anak saja hahaha.

aku dengar jio pulang kemarin, aku ingin bertemu sih, tapi juga tidak mau. bagaimana ya, aku hanya tidak merencanakan akan patah hati bulan depan. 


Komentar